Rabu, 09 September 2009

Selayang pandang PP Darussalam Eretan Kulon Indramayu JABAR














_______________________________________________________________
SEKILAS TENTANG
PONDOK PESANTREN DARUSSALAM


I. PENDAHULUAN

Pondok Pesantren Darussalam terletak disebelah barat Kabupaten Indramayu. Berdiri diatas tanah seluas 90.000 m2 (9 ha). Keberadaannya pada lokasi yang sangat strategis ditepi jalan Pantura, sangat mudah dijangkau dari berbagai wilayah.

Sesuai dengan perkembangan zaman, dimana pola garapan dan pengembangan pendidikan memadukan keseimbangan antara Iman dan taqwa (IMTAQ) dan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK), Pon-Pes Darussalam berkembang dengan target menghasilkan lulusan yang memiliki keimanan yang memadai serta ilmu pengetahuan yang luas, sehingga untuk mempercepat tercapainya target tersebut dilokasi Pon-Pes Darussalam dibuat pendidikan formal dan non formal swasta dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional.

Yayasan Darussalam berdiri tahun 2001 disahkan oleh notaris Wiyono Martono, SH. Pada tanggal 15 September 2000 dengan nomor 8 (terlampir) dan terjadi perubahan kepengurusan serta pengembangan Yayasan Pondok Pesantren Darussalam pada tanggal 21 Mei 2001 nomor 11.

II. LATAR BELAKANG


Pada saat ini tingkat kerawanan di wilayah Kabupaten Indramayu bertambah meningkat, hal ini disebabkan tawuran antar desa, pengangguran serta kurangnya pembinaan mental dan spiritual yang berkesinambungan. Untuk hal itu Pondok Pesantren Darussalam berusaha lebih meningkatkan perannya dalam mendidik dan membina masyarakat melalui santri-santri yang akan dipersiapkan untuk terjun ditengah-tengah masyarakat.

III. DASAR PEMIKIRAN

Pada hakekatnya Pondok Pesantren Darussalam memiliki akses yang nyata terhadap pembangunan mental spiritual dan pemberdayaan potensi yang ada, dan dapat pula dipergunakan sebagai pusat penyebaran informasi, pembinaan serta komunikasi tentang keamanan antara aparat keamanan, Pemda, Ulama dan masyarakat setempat.

Pantai Indramayu sepanjang 117 km serta jalan raya Pantura, merupakan alternatif pendapatan daerah selain pertanian, yaitu bidang kelautan dan perdagangan. Diharapkan pengembangan Pondok Pesantren Darussalam memacu meningkatkan pendapatan masyarakat dibidang perdagangan, pertanian serta meningkatkan efektivitas pembudidayaan perikanan dan kelautan.

Masih rendahnya tingkat intelektual serta efektifnya Da’wah Islamiyah dikalangan Petani, Pedagang dan Nelayan disekitar lokasi karena berbagai macam persoalan dan kerasnya pola kehidupan, sehingga perlu dilakukan penanganan secara profesional.

IV. MAKSUD DAN TUJUAN

 Tebentuknya masyarakat Islami yang madani, didasari Ilmu Pengetahuan Agama yang luas, manajemen yang baik, penerapan dan pengetahuan sosial yang benar serta pengetahuan praktis tentang pertanian, perdagangan dan kelautan.
 Terciptanya suatu tatanan kehidupan yang kompleks, terpadu dan islami yang dapat dijadikan pola pengembangan masyarakat pada umumnya.
 Terciptanya suatu generasi atau kader multiguna yang siap menghadapi berbagai macam kondisi kehidupan.
 Terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat bawah terutama dikalangan petani dan nelayan tradisional.